Upgrade Xampp ke PHP 7 tanpa uninstall

Ini pengalaman saya ketika harus upgrade php di xampp yang version jadul. Perlu di ketahui bahwa PHP yang saya gunakan adalah versi +5. tapi dikarenakan Codeigniter coding PHP saya harus upgrade ke PHP 7 maka, sudah tentu xampp saya harus PHP 7 pula.

untuk melakukan upgrade langkah nya sebagai berikut :

  1. Pastikan Xampp anda Apache & mysql sudah off
  2. Silahkan download PHP 7 yang versi Thread Safe karena package ini lebih lengkap alias sudah include Apache dll.
  3. Extract zip yang sudah di download tadi.
  4. lalu buat folder baru dengan nama php7 pada C:\xampp, lalu copykan semua isi hasil extract ke folder ini.
    xxxx
  5. Kemudian buka C:\xampp\apache\conf\extra ( urutan folder sesuai urutan yg di computer anda).
  6. Buka & Ubah file httpd-xampp.conf pada bagian ini,
    comment text yang lama dengan tanda # :
    #LoadFile “C:/xampp/php/php5ts.dll”
    #LoadFile “C:/xampp/php/libpq.dll”
    #LoadModule php5_module “C:/xampp/php/php5apache2_4.dll”lalu copy kan text berikut sebagai gantinya,
    LoadFile “C:/xampp/php7/php7ts.dll”
    LoadFile “C:/xampp/php7/libpq.dll”
    LoadModule php7_module “C:/xampp/php7/php7apache2_4.dll”

    Cat : untuk C:/xampp/ ini letak folder installer xampp saya, intinya text yg lama ikutin saja, tinggal ganti tulisan jadi php7.

  7. Kemudian langkah selanjutnya, cari kebawah bertuliskan IfModule php5_module, ganti jadi IfModule php7_module.cccc
  8. sekarang kembali ke folder PHP7, lalu cari php.ini-production Pada folder tersebut. copy dan paste di folder yg sama, lalu rename jadi php.iniCat : Saya menggunakan codeigniter 3.1.9, jika terjadi error mysqli, maka jgn lupa aktifkan mysqli extension di php.ini nya.
  9. Restart Apache anda

Conclusion :

Sekarang PHP anda sudah menggunakan versi terbaru, tanpa harus melakukan install ulang Xampp. semoga bermanfaat. 🙂

Leave a comment